Benua Eropa merupakan satu-satunya benua yang berbatasan darat dengan asia.

luas wilayah benua eropa mencapai 10.355.000 km2. Keadaan alam di eropa sangat beragam karena termasuk dalam rangkaian pegunungan sirkum mediterania. Puncak tertinggi di Benua Eropa  adalah Gunung Ebrus (5.633 m)dan titik rendahnya Laut Kaspia yang berada pada kedalaman 28 meter  di bawah permukaan laut. selain keadaan alam, eropa juga memiliki beberapa kota yang sangat indah, diantaranya :

1. PRAHA (Republik Ceko)
Kota ini merupakan kota eropa timur paling terkenal di dunia.
Kota ini merupakan satu-satunya kota eropa yang masih utuh dengan koleksi bangunan-bangunan kunonya yang masih asli. Hal ini disebabkan karena kota ini merupakan satu-satunya kota yang selamat darikehancuran akibat perang dunia II. Kota ini memiliki kompleks istana terbesar dan terluas did dunia, yang dibuat mengelilingi katerdal kota tersebut, yakni Katerdal St. Vitus.

2.BUDAPEST (Hungaria)
Kota romantis ini merupakan gabungan dari 3 kota, yakni buda, pest dan obuda. Kota ini dikenal dengan keindahan gedung parlemennya yang merupakan salah satu bangunan terindah didunia. Kota ini secara "literally" merupakan kota yang panas. Bukan karena cuacanya, namun karena kota ini dibangun diatas sumber air panas bawah tanah sehingga sejaka zaman Romawi Kuno, kota ini terkenal dengan pemandian air panas. Kota ini juga memiliki jalur busway (kereta bawah tanah) tertua didunia yang beroperasi sejak 1896 dan juga memiliki sinagoga terbesar di Eropa.

3.RIGA (Latvia)
Kota yang terletak diwilayah Balkan ini terkenal karena kedamaiannya. Sementara peperangan terjadi antara para penganut protestan dan katholik di berbagai penjuru eropa, di kota ini 5 gereja dari 5 aliran kristen berbeda justru hidup berdampingan dengan rukun. Kota ini juga dikenal sebagai salah satukota terbersih di eropa serta memiliki koleksi bangunan-bangunan bersejarah bergaya art nouveau.

4.TALIN (Estonia0
Kota indah ini dikenal sebagai kota pantai yang indah sekaligus kota kuno yang mennyimpan bangunan-bangunan bersejarah. Selain itu, para penduduk dan wisatawannyajuga dimanjakan oleh akses internet wireless 24 jam gratis. Landmark kota ini adalah gereja St. Olaf yang menaranya pernah menyandang gelar sebagai bangunan tertinggi di dunia.

5.KIEV (Ukraina)
Kota terindah di eropa ini sayangnya kini porak-poranda gara riot yaitu kerusuhan politik yang terjadi awal tahun 2014 lalu. Kota ini menyimpan gereja 2 Ortodoks yang sangat indah.

Dari ke lima kota diatas adalah contoh keindahan benua eropa bagian timur, banyak terdapat monumen bersejarah yang bisa kita lihat langsung keindahannya. Masih banyak monumen bersejarah dan tempat-tempat indah lainnya di benua eropa ini, dari kelima contoh tersebut kita bisa mendapatkan kesimpulan bahwa benua eropa adalah benua yang luas dan memiliki beberapa kota kuno yang menyimpan banyak monumen bersejarah. Kita sebagai pelajar dan penerus bangsa harus menjaga kelestarian budaya dan sejarah yang telah ditinggalkan mereka terdahulu agar tidak hilang keasliannya.  

Komentar

  1. Nambah wawasan bgt, penulisannya jg bagus gampang dimengerti (singkat padat dan jelas), menarik juga😍👍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cafe Unik Bernuansa Kebudayaan Indonesia di Kota Depok

Memperingati Hari Ibu Pada 22 Desember